Tuesday, July 16, 2013

Pentingkah Asuransi Kesehatan Bagi Karyawan?

Sering sekali dipertanyakan, pentingkah asuransi kesehatan bagi karyawan? Baik di forum-forum diskusi kesehatan ataupun diskusi investasi. Tingkat kesadaran masyarakat kita terhadap asuransi memang masih jauh lebih rendah biala dibandingkan dengan Negara maju bahkan dengan Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura kita jauh tertinggal dalah hal asuransi kesehatan ini. Tidak jarang seorang karyawan yang berposisi manager sekalipun berfikir bahwa asuransi kesehatan itu hanya buang-buang uang saja, ketika mereka dirawat di rumah sakit barulah terasa pentingnya asuransi kesehatan.

Pola fikir demikian tentang asuransi kesehatan sudah selayaknya kita rubah, sebab sesungguhnya kejadian di masa depan tidak bisa kita prediksi, bisa jadi saat ini anda sehat 100% namun besok bisa saja anda atau anggota keluarga anda masuk rawat inap di rumah sakit. Kesehatan itu sendiri merupakan harta paling berharga jadi sudah selayaknya diasuransikan. Pikiran tentang asuransi itu hanya membuang uang saja sudah sepantanya kita ubah, sebab saat ini sudah banyak sekali pilihan asuransi kesehatan yang sekaligus berfungsi sebagai investasi masa depan seperti asuransi kesehatan Prudential dan lainnya.

Belum semua perusahaan di Indonesia ini mengasuransikan kesehatan karyawannya secara spesifik, oleh karena itu alangkah baiknya sebagai karyawn yang rentan dengan kondisi kesehatan kita mulai berfikir untuk memilih asuransi kesehatan yang sangat cocok untuk karyawan seperti yang kita jalankan.

Ketika kita memilih asuransi kesehatan sebainya pilihlah asuransi yang menggabungkan fungsi klaim dengan fungsi investasi, hal ini agar premi yang kita bayarkan setiap bulannya bisa juga berfungsi sebagai tabunagn hari tua. Setiap karyawan pastilah suatu saat akan pension, nah apakan kita sudah mempersiapkan masa pension itu dengan baik? Sederhananya pilihan yang paling tepat untuk tabungan pension adalah asuransi kesehatan ini. Sebab hampir 70% karyawan mudah terkena penyakit ketika dia akan pension, hal ini salah satunya dipengaruhi oleh shock karena tiba-tiba kita tidak bekerja lagi.

Semua asuransi kesehatan itu pada dasarnya bagus, baik itu Prudential, Sinar Mas, Jiwa Sraya, Bumi Putera, AIA, dan lainnya merupakan perusahaan yang telah lama menangani portfolio asuransi kesehatan jutaan orang di seluruh dunia dan di Indonesia. Jadi untuk apa lagi kita ragu tentang asuransi kesehatan?

Premi asuransi tidak semuanya mahal, premi asuransi kesehatan bisa saja kita bayarkan sesuai dengan kondisi keuangan kita, bisa 50 ribu / bulan 100 ribu hingga jutaan perbulan semua bergantung pada penghasilan kita sebagai karyawan tentunya. Jiak uang yang bisa kita sisihkan sedikit maka pilihlah pnilai premi yang kecil dan bila penghasilan kita tinggi pilihlah nilai premi asuransi kesehatan yang tinggi, sebab semakin tinggi nilai premi maka semakin besar klaim yang bisa kita dapatkan selain itu nilai investasi kita juga akan semakin besar tentunya.

Kesimpulannya asuransi kesehatan bagi karyawan itu sangat penting, jikapun anda sudah memiliki asuransi berupa jamsostek dari perusahaan tempat anda bekerja tetaplah berusaha untuk menambah asuransi kesehatan lainnya. Saat ini kita bisa saja selalu dalam keadaan sehat, tapi cobalah bayangkan suatu saat nanti kita sakit dan kita adalah tulang punggung keluarga yang hanya bekerja sebagai karyawan dimana penghasilannya sangat bergantung pada kehadirannya bekerja di perusahaan, bial sakit tentu saja gaji dari perusahaan akan berkurang atau berhenti sepenuhnya, nah siapa yang akan menjamin biaya berobat anda di rumah sakit? Siap yang akan membiayai kebutuhan dapur keluarga anda? Itulah gunanya asuransi dimana dia bisa mencaver semua resiko yang mungkin bisa terjadi disuatu saat nanti.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home