Friday, June 21, 2013

Bagaimana mencari investor untuk usaha kecil anda?

Usaha kecil – menengah sering terkendala  modal, sehingga sulit berkembang. Banyak usaha kecil menengah pada dasrnya memiliki potensi berkembang yang besar, namun karena kekurangan modal usaha tersebut terpaksa jalan ditempat bahkan gulung tikar karena tersaingi perusahaan besar. Untuk itu sebagai pengusaha usaha kecil menengah kita perlu mengetahui cara-cara mendatangkan investor yang bersedia menanamkan modal ke usaha kita.

Beberapa cara untuk mendapatkan investor  usaha kecil menengah:

  1. Mengajukan proposal, paling efektif untuk mendapatkan investor ataupun pinjaman modal. Proposal ini bisa diajukan ke bank, perusahaan suasta, perorangan yang memiliki kekuatan modal, lembaga pemerintah dan BUMN.
  2. Promosi, dapat dilakukan dimana saja cara paling murah adalah promosi dari mulut ke mulut, promosi dari mulut ke mulut ini biasanya terjadi bila produk kita berkualitas bagus. 
  3. Mengikuti pameran usaha kecil menengah atau bazaar untuk memperkenalkan produk sekaligus menawarkan kerja sama pada pengunjung.


Hal-hal yang paling perlu diperhatikan dalam mencari investor:

  1. Jujur tentang potensi usaha yang kita miliki, dengan memaparkan pendapatan atau laba bulanan yang kita peroleh. Hal ini selain untuk menarik minat investor juga agar tidak seperti beli kucing dalam karung. 
  2. Jujur tentang resiko usaha yang kita jalankan agar investor tidak merasa ditipu ketika resiko tersebut benar-benar terjadi.
  3. Buat profil atau sampaikan profil usaha kita secara jelas.
  4. Jangan pernah mengajak rentenir menjadi investor usaha kita.


Kenaikan BBM saat ini tentu saja akan mempengaruhi usaha kecil untuk lebih mengembangkan usaha mereka, sebab BBM merupakan salah satu faktor produksi utama. Kesulitan ini tentu saja juga mempengaruhi keinginan investor dalam menginvestasikan dana mereka ke usaha-usaha kecil menengah yang cenderung memiliki resiko besar  terhadap dampak kenaikan BBM.  Tapi usaha haruslah tetap kita jalankan, usaha mencari investor bukanlah sesuatu yang memalukan, selama usaha tersebut masih tetap dijalur yang legal sesuai aturan hukum.  Demikianlah sedikit hal tentang cara mencari investor untuk usaha kecil yang bisa kami share.


Labels: ,

1 Comments:

At September 2, 2013 at 11:25 AM , Blogger Unknown said...

SAYA JEFRY PEKERJA DI BIDANG RETAILER HANDPHONE SEJAK TAHUN 2005 DIMANA SAYA SUDAH MEMPUNYAI BANYAK PENGALAMAN UNTUK MENJALANKAN USAHA TSB.SKRG INI SAYA INGIN MENJALANKAN USAHA INI SENDIRI TETAPI SAYA BELUM MEMPUNYAI CUKUP MODAL UNTUK MENJALANKAN USAHA TSB.SAYA SEDANG MENCARI INVESTOR YG MAU BEKERJASAMA UNTUK MENJALANKAN BISNIS RETAILER DI BIDANG HANDPHONE TSB.BAGI ANDA YG BERMINAT BISA MENGHUBUNGI SAYA DI NO 021-98687579 ATAU E-MAIL DI jeff_aja81@yahoo.com,ATAS PERHATIANNYA SY UCAPKAN TERIMAKASIH

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home